RSS

Fungsi Musik

Hai pembaca..... apa kabar??? kali ini saya akan membahas tentang fungsi dari musik. Kita bisa menemukan musik di mana saja dan kapan saja. Contoh : di iklan. Sekarang" ini semua iklan memakai musik. Iklan apa sih yg g ada musiknya??? Ya kan... hehehe... Mari kita mulai saja... Cekidoooot....


1. Fungsi Musik Sebagai Media Mengekspresikan Diri
Di sini kita bisa menumpahkan perasaan kita sesuai keadaan kita. Dengan cara ini ide-ide yang berbentuk suka ataupun duka bisa membuat suasana hati kita tenang. Mungkin cara ini bisa kita mulai dari sebuah pembuatan puisi dan lalu memberinya nada-nada sesuai suasana hati.
2. Fungsi Penikmatan Estetis ( Keindahan )
Di sini kita bisa menenangkan hati kita. Dengan cara mendengarkan musik" yg kita suka, hati kitapastinya akan tenang.
3. Fungsi Hiburan
Hiburan adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Kita pasti akan terhibur dan senang oleh musik yang kita dengar. Kita bisa terpuaskan dengan genrenya, melodinya, iramanya, harmonisasi musiknya dan tentunya dengan lirik"nya.
4. Fungsi Komunikasi
Di sini komunikasi bukan berarti kita bisa menelfon atau message seseorang dengan musik. hehehe.... di sini berartikan fungsi pada zaman :
a. Dahulu : Kentongan
b. Sekarang : Bunyi" telefon dll
itulah yang di maksud alat komunikasi
5. Fungsi Pelestarian Kebudayaan
Dengan cara ini kita bisa melestarikan budaya" musik kita, seperti tarian daerah yang di berikan musik daerah tersebut.
6. Fungsi Respon Sosial
Fungsi ini fungsi yang sangat peka terhadap dengan keadaan masyarakat. Contohnya seperti lagu tentang bencana alam.
7. Fungsi Religi
Dari sini kita bisa memperdalam keyakinan agama yang kita yakini. Fungsi ini sangatlah bagus, drai sini kita bisa memperdalam ilmu agama yang kita yakini. Dengan begini ketakwaan kita juga bisa meningkat jika kita amalkan dengan sungguh"
8. Fungsi Pendidikan
Musik ini dapat mengajarkan kita sebagai generasi selanjutnya untuk mengetahui norma" seperti kesopan santunan kita kepada orang tua. Dengan menerapkan fungsi pendidikan ilmu kita akan bertambah dengan mudah di hafalkan. Fungsi ini juga kita terapkan dikehidupan sehari-hari kita bisa membuat kita lebih baik di hari sekarang dan masa depan.
9. Fungsi Kebangsaan
Dari sini kita bisa merasakan pemersatuan bangsa kita. Musik ini dapat meningkatkan semangat berkebangsaan kita sebagai penduduknya.
10. Fungsi Promosi Berjualan
Musik ini di buat untuk kepentingan prmosi untuk hasil penjualan barang yang di jualnya. Musik pada sarana promosi ini bisa dari sebuah lagu yang sudah ada, sudah di aransemen dan lagu baru.

That's it. Cukupkan untuk menambah pengetahuan musik kalian ???
Bye" ya :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

ram said...

hmmm..yayaya...
nice sharing om..:D

REVolution TO Reborn said...

hehehe..... thnx yo bro :))

Post a Comment